Jumat, 06 Juli 2012

YANG UNIK DAN LANGKAH DARI PULAU ROTE


Pulau Rote adalah pulau kecil nan eksotis yang terletak di Propinsi Nusa Tenggara Timur. Seperti halnya Bali, Rote juga 
memiliki pesona alam yang sangat mengundang decak kagum para pelancong. Kerena alamnya yang indah dengan gelombang laut yang terpanjang di Indonesia. Dengan lingkungan alam yang spektakuler, perairan yang jernih, perbukitan yang terjal, serta sabana yang terbentang mendominasi. Yang paling dikenal dari pulai ini adalah pantai berpasir putih dengan ombaknya yang tinggi, tradisi ritualnya yang unik, tenunan ikatnya yang indah dan alat musiknya yang unik. Dari keunikan Daerah ini, dapat digunakan sebagai salah satu tempat berpetualang yang indah. 
Selain alam dan pantainya yang indah pulau rote juga menjadi tujuan olah raga air, seperti menyelam dan snorkeling. Karena terumbu karangnya yang sangat indah kehidupan laut pulau Rote sangat bervariasi dengan semua jenis ikan tropis yang berwarna, salah satunya adalah ikan pari manta. Sambil menikmati sunset yang indah di pulau ini juga menawarkan surfing yang sangat berkelas dengan gelombangnya yang tinggi dan panjang sebanyak 8 gulungan akan membuat peselancar dunia merasa sangat menantang. 
Hal lain yang unik adalah tradisi ritual memohon hujan pada yang maha kuasa, pakaian adatnya yang sangat khas dengan penutup kepala yang unik yaitu Ti’i Langga dan Bula Molik serta alat musicnya yang unik. “Sasando” adalah alat music petik tanpa chord (kunci) yang cara memainkannya harus dengan dua tangan mirip “Harpa”. Alat music ini menghasilkan bunyi kombinasi dari tiga alat music sekaligus yaitu harpa,piano dan gitar plastis dalam satu rhythem. Alat music ini tergolong cordophone terbuat dari anyaman daun lontar, bamboo dan kayu hitam yang diambil khusus dari pulau ndana, (salah satu pulau kecil dekat pulau rote) dimana jenis kayu ini hanya terdapat di pulau tersebut dan di kalimantan. Susunan notasinya tidak beraturan seperti alat music pada umumnya, karena terbungkus resonator. Cara memainkannyapun sangat unik karena menggunakan dua tangan dari arah yang berlawanan, kiri ke kanan dan kanan ke kiri. 
Dimana tangan kiri berfungsi memainkan melodi dan bas, sementara tangan kanan memainkan accord. Kalau orang yang ahli memainkan alat music ini maka hanya dengan satu alat music, sebuah orchestra dapat di perdengarkan secara sempurna. Oleh sebab itu alat music ini sangat terancam punah karena sangat terbatas orang yang bisa memainkannya. Sangat di sayangkan jika Mahakarya Maestro dari Pulau ini punah dan terpendam.

Banyak halhal langkah yang tak pernah di temukan di belahan dunia ini selain di pulau rote, salah satunya adalah spesies kurakura berleher ular yang sangat di buru oleh kolektor hewan langkah dan unik di dunia adalah chelodina meccordi atau kerennya di sebut kurakura berleher ular. Habitat Spesies ini hidupnya di rawa, sawah dan danau danau kecil yang menyebar di pulau ini.
KURAKURA,.. ini di tempat asalnya sendiri telah mnjadi sesuatu yang asing, nyaris punah dengan berbagai kisah harunya sehingga pesan kebanggaan ini bisa saja tidak dapat disampaikan kepada generasi berikutnya lewat suatu bukti pelestarian dan penangkaran yang baik dan berkesinambungan.

Tidak ada komentar: