Jumat, 17 Agustus 2012

Manfaat airmata bagi kesehatan


Banyak alasan yang bisa membuat seseorang itu menangis, misalnya karena kasih sayang, kelembutan hati, rasa takut, cinta, gembira, sedih, merasa terhina, lemah, belas kasihan dan munafik. Namun dalam perjalanan menangis dianggap banyak orang hanya menunjukan sebuah kekerdilan jiwa, kelemahan hati, bahkan lebih lebih ekstrim lagi dianggap lemah, pengecut dan munafik. Namun dalam perjalanan menangis sangat bermanfaat untuk kesehatan baik secara fisik dan mental seseorang. Oleh sebab itu mengapa kita harus malu dan merasa terhina jika menangis.
Ini adalah manfaat dari menangis itu sendiri:
©      Membantu penglihatan :> airmata saat kita menangis ternayata sangat membantu mencerahkan penglihatan seseorang, cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.
©      Membunuh bakteri :> airmata berfungsi sebagai anti bakteri alami, didalam airmata terkandung cairan yang disebut lisozom yang mampu membunuh sekitar 90-95 % bakteri yang tertinggal dalam perjalanan, akibat kelelahan bekerja yang banyak menggunakan konsentrasi pada mata,  debu dan pertikelpartikel asing yang tertinggal hanya dalam waktu lima menit.
©      Meningkatkan mood :> menangis dapat menurunkan level depresi dan mengangkat kembali mood seseorang, sebab airmata yang dihasilkan dari menangis karena emosi mengandung 25 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi system metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan karena iritasi.
©      Mengeluarkan racun :> menangis karena perlakuan emosional menurut William Frey bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh baik secara fisik maupun phisikis sekaligus menghasilkan protein yang dapat meregulasi system metabolism dan rasa mood.
©      Mengurangi stress :> saat menangis airmata juga mengeluarkan endorphin leucine, enkaphalin dan prolactin yang dapat menurunlan level stress dan juga melawan penyakit yang di sebabkan oleh stress.
©      Menurunkan level stroke :> saat sedang emosi alangkah baiknya kita menangis dan berteriak sekuat dan sepuaspuasnya, dengan demikian kita telah mengurangi beban penderitaan, emosi depresi, stress yang seluruhnya akan bermuara pada sroke dan serangan jantung.
©      Membangun komunitas bersama :> sering seseorang saat menangis dia akan mencari teman curatan hati untuk menumpahkan segala kekesalan hatinya, kita dapat dengan mudah akan melupakan orang yang tertawa dengan kita, tapi sangat sulit melupakan orang yang pernah menangis bersama.
©      Melegakan perasaan :> setelah menangis biasanya akan muncul rasa lega, segala beban terasa plong dan merasa akan lebih baik, sebab setelah menangis system limbic, otak dan jantung akan lancar.
Setelah membaca manfaat dari airmata ini, masihkah kita merasa gengsi untuk menangis!!!. Sudah saatnya kita mengeluarkan segalah problem dalam diri kita lewat menangis, jangan dipendam sebab akan membawah dampak buruk pada diri kita. Menangis sebelum menangis itu dilarang.

Tidak ada komentar: